Mengenai Saya

Foto saya
My formal education : SMPN 4 Bekasi, SMAN 4 Bekasi. I'm a university student in Gunadarma University. Faculty of Economics. Bachelor Degree of Management. Strata 1. Class 3 EA 10 ( superior class ). NPM 10208241 Please visit http://10208241.student.gunadarma.ac.id/kursus.html http://10208241.student.gunadarma.ac.id/tugas.html My handphone number +62 856 9755 2992. Give priority to education. Competence, idea, initiative, optimist, logical, spirit. Working with professionalism. I believe with my ability..

Kamis, 24 Februari 2011

Pendapat Saya tentang cara untuk mencari dan menentukan tema atau topik




Nama : Bemby Agustian
NPM : 10208241
Kelas : 3 EA 10
Program Studi Manajemen ( Jenjang Strata 1 )
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Email :  sayaagustianbemby@gmail.com




Pendapat  Saya  tentang cara untuk mencari dan menentukan tema atau topik.


Salah satu masalah yang dihadapi peneliti pemula adalah menentukan tema penelitian yang akan dilakukannya. Ini sangat wajar, karena namanya juga pemula. Lalu bagaimana solusinya?
Yang pertama, ketahui dan tentukan dulu apa minat kita. Ini penting, karena yang namanya penelitian itu tidak ada yang gampang. Pasti ada masalah, pasti butuh tenaga, pasti butuh usaha, dan pasti butuh biaya. Semua itu akan terasa teramat sangat berat jika kita melakukannya untuk sesuatu yang tidak kita minati. So, kita harus ketahui dan tentukan dulu apa minat kita.

Yang kedua, studi pustaka. Ini mutlak dilakukan. Kalau kita melakukan penelitian yang sudah pernah dipublikasikan orang lain, buat apa?  Selain buang-buang waktu-uang-tenaga-pikiran kita juga bisa dituduh menjiplak.  Ini penting.  Studi pustaka juga digunakan untuk mengetahui tren penelitian.

Yang ketiga, lihat budget dan sikon. Ini yang paling sering dilupakan peneliti pemula. Inginnya yang muluk-muluk tapi tidak punya biaya dan atmosfer yang mendukung. Atmosfer dapat berupa peralatan, pembimbing, sumber referensi, termasuk mudah tidaknya melakukan penelitian yang akan kita lakukan.  Lakukan penelitian yang bisa dilakukan dengan semua sumber daya yang ada dulu. Istilahnya optimisasi.


Langkah yang ketiga dan kedua ini sangat berkaitan. Langkah yang keempat, setelah kita tahu pasti kondisi riil atmosfer penelitian di sekitar kita, terutama biaya, kita bisa baca lagi koleksi pustaka kita. Dari situ kita bisa mulai memiliki bayangan tentang penelitian semacam apa yang bisa dilakukan dilakukan di tempat kita. 

Langkah kelima, dari pustaka yang kita punya, lihat dan baca bagian hasil dan diskusinya. Dari sini biasanya kita akan mendapatkan ide untuk melakukan penelitian yang serupa dengan variabel yang berbeda atau melanjutkan penelitian yang sudah dipublikasikan tersebut. Atau jika Anda berbakat, Anda dapat saja akan memiliki ide yang benar-benar original,   yang tidak berhubungan secara langsung dengan pustaka yang Anda miliki.
Penelitian sekelas skripsi tentu saja berbeda dengan penelitian untuk thesis S2, disertasi, ataupun publikasi internasional. Kalau untuk skripsi, misalnya, kita bisa lakukan sebagian tahap saja dari keseluruhan tahap yang diperlukan untuk publikasi internasional. Kalau dana dan situasi yang ada hanya memungkinkan untuk melakukan penelitian yang sederhana, jangan minder. Penelitian dengan dana minim bisa menjadi penelitian yang menarik dan bermanfaat kalau itu baru dan belum pernah dilakukan. Pengertian menarik dan bermanfaat ini juga relatif subyektif. Namun sepanjang data dari penelitian tersebut data baru, itu menarik, dan tentu saja bermanfaat.





DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara