Mengenai Saya

Foto saya
My formal education : SMPN 4 Bekasi, SMAN 4 Bekasi. I'm a university student in Gunadarma University. Faculty of Economics. Bachelor Degree of Management. Strata 1. Class 3 EA 10 ( superior class ). NPM 10208241 Please visit http://10208241.student.gunadarma.ac.id/kursus.html http://10208241.student.gunadarma.ac.id/tugas.html My handphone number +62 856 9755 2992. Give priority to education. Competence, idea, initiative, optimist, logical, spirit. Working with professionalism. I believe with my ability..

Kamis, 01 Desember 2011

Perhitungan Bunga Tabungan (Tugas ke 3)

Mata Kuliah : Komputerisasi Lembaga Keuangan Perbankan   







Perhitungan Bunga Tabungan





Latar Belakang Masalah
Ketertarikan seseorang dalam menyimpan uang di bank adalah karena besarnya tingkat suku bunga yang diberikan oleh bank. Bank sebagai lembaga penghimpun dana dari pihak surplus yaitu rumah tangga ke pihak deficit atau perusahaan berusaha memberikan fasilitas yang memadai dalam menarik nasabah. Dimana dana nasabah yang telah ditarik akan akan disalurkan dalam bentuk kredit, kredit yang disalurkan oleh perbankan bukan tanpa biaya bunga. Kredit tersebut juga mengandung bunga yang dikenakan oleh bank sebagai salah satu pendapatan dari perbankan. Pendapatan perbankan tersebut tidak semua dimanfaatkan untuk kepentingan bank, tetapi digunakan untuk membayar bunga yang dibebankan dari dana tabungan yang sudah diberikan bank kepada penabung tersebut.
Dalam menabung nasabah harus dapat memperhatikan bunga yang digunakan oleh bank. karena pada dasarnya ada tiga metode perhitungan bunga yang digunakan oleh bank swasta. Berikut adalah pengertian dan contoh perhitungan bunga yang dilakukan oleh bank terhadap dana tabungan nasabah.
Pembahasan
Simpanan tabungan merupakan aktivitas perbankan dalam menghimpun dana masyarakat dengan syarat-syarat tertentu bagi pemegangnya, dan persyaratan masing-masing bank berbeda, tujuan nasabah menyimpan uang di rekening tabungan juga berbeda. Dengan demikian sasaran bank dalam memasarkan produknya juga berbeda sesuai dengan sasarannya.
Dalam undang-undang perbankan nomor 10 tahun 1998, yang dimaksud dengan tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.
Syarat-syarat penarikan tertentu adalah sesuai dengan perajanjuan yang telah dibuat antara bank dengan si penabung. Kemudian dalam hal sarana atau alat penarikan juga tergantung dengan perjanjuan antara keduanya yaitu bank dan penabung.
Dalam keputusan Menteri Keuangan No. 51/KMK. 04/ 2001, yang dimaksud dengan tabungan simpanan pada bank dengan nama apapun, termasuk giro yang penarikannya dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh masing-masing bank.
Untuk menarik dana yang terdapat dalam rekening tabungan dapat menggunakan berbagai sarana atau alat penarikan. Adapun beberapa alat penarikan tabungan yang digunakan tergantung bank masing-masing yang ingin menggunakan sarana mereka inginkan. Alat penarikan ini dapat digunakan sendiri-sendiri atau secara bersamaan. Alat-alat yang sering digunakan adalah sebagai berikut :
a.       Buku tabungan
Merupakan buku yang dipegang oleh nasabah, dimana berisi catatan saldo tabungan, penarikan, penyetoran dan pembebanan yang mungkin terjadi. Buku ini dapat digunakan pada saat penarikan, sehingga langsung mengurangi saldo yang ada di buku tabungan tersebut.
b.      Slip penarikan
Meruopakn formulir penarikan dimana nasabah cukup menulis nama, nomor rekening , jumlah uang serta tanda tangan untuk menarik sejumlah uang. Slip penarikan biasanya digunaknan  bersamaan dengan buku tabungan.
c.       Kwitansi
Merupakan bukti penarikan yang dikeluarkan oleh bank yang fungsinya sama dengan slip penarikan, di mana tertulis nama penarik, nomor penarik, jumlah uang dan tanda tangan penarik.
d.      Kartu ATM
Merupakan sejeni kartu kredit yang terbuat dari plastic yang dapat digunakan untuk menarik sejumlah yang dari tabungannya, di mesin Automated Teller Machine (ATM). Mesin ATM biasanya tersebar di tempat yang startegis.

Manfaat Tabungan
Beberapa manfaat yang diperoleh dari tabungan pada umumnya antara lain :
a.       Manfaat yang diperoleh bagi bank antara lain adalah :
1.      Sebagai salah satu sumber dana bagi bank yang bersangkutan dan dapat digunakan sebagai penunjang operasional bank dalam memperoleh keuntungan antar laba.
2.      Sebagai penunjang untuk menarik nasabah dalam rangka menggunkan fasilitas produk-produk lainnya.
3.      Untuk membantu program pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi.
4.      Meningkatkan kesadaran bagi masyarakat untuk menyimpan dananya di bank.
b.      Manfaat yang diperoleh bagi nasabah antara lain :
1.      Terjamin keamanannya karena dengan menyimpan uang di bank keamanan akan uang terjamin.
2.      Akan mendapatkan bungan dengan menyimpan uang di bank.
3.      Dapat terhindar dari pemakaian uang secara terus-menerus.
4.      Adanya kepastian saat penarikan uang, karena dapat dilakukan setiap saat dimana saja dan tidak dikenakan biaya administrasi dengan fasilitas ATM.

Pengertian Bunga
Bunga bank dapat diartikan sebagai balas jasa yang diberikan oleh bank yang berdasarkan prinsip konvensional kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya. Bunga juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman).
Bunga simpanan Adalah bunga yang diberikan sebagai rangsangan atau balas jasa bagi nasabah yang menyimpan uangnya di bank. bunga simpanan merupakan harga yang harus dibayar bank kepada nasabagnya.

Secara umum Rumus perbankan adalah sebagai berikut :     










 
Metode Perhitungan Bunga    

Secara umum ada 3 metode perhitungan bunga tabungan yaitu : berdasarkan saldo terendah, saldo rata-rata dan saldo harian. Beberapa bank menerapkan jumlah hari dalam 1 tahun 365 hari, namun ada pula yang menerapkan jumlah hari bunga 360 hari.
a.    
a.     Metode perhitungan bunga berdasarkan bunga berdasarkan saldo terendah
pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo terendah dalam bulan tersebutr. Bunga dihitung dengan rumus sebagai berikut :
   









ST = Saldo Terendah
i= suku bunga tabungan pertahun
t = jumlah hari dalam 1 bulan,
365jumlah hari dalam satu tahun

a
a.    Metode perhitungan bunga berdasarkan saldo rata-rata
Pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo rata-rata dalam bulan berjalan. Saldo rata-rata dihitung berdasarkan jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan tersebut.   
























 
Keterangan :
SRH = saldo rata-rata harian
i= suku bunga tabungan pertahun
t= jumlah hari dalam bulan berjalan
a.    Metode perhitungan berdasarkan saldo harian
Pada metode ini bunga dihitung dari saldo harian. Bunga tabungan dalam bulan berjalan dihitung dengan menjumlahkan hasil perhitungan bunga setiap hatinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :
a.      Sebelum anda menabung, tanyakan metode perhitungan bunga yang diberlakukan oleh bank tersebut
b.      Suku bunga tabungan dapat berubah sewaktu-waktu, karena itu suku bunga ini disebut suku bunga mengambang atau floating rate.
c.      Beberapa bank menetapkan suku bunga tabungan tetap untuk jangka waktu tertentu (fixed rate).
d.     Atas bunga tabungan yang diperoleh akan dikenakan pajak sesuai ketentuan berlaku.

Implementasi dari perhitungan bunga di atas :
Lulu bank, Tab. Yuliawati
2/3       Setor Tunai                  Rp.10.000.000
5/3       Pinbuk                         Rp.  5.000.000
8/3       Pinbuk                         Rp.  2.000.000
17/3     Ambil Tunai                Rp.  3.000.000
23/3     Pinbuk Kredit cek f (BTN)     Rp. 8.000.000

Pertanyaan :
a.       Rekap saldo ?
b.      Saldo awal ¼ ?
c.       Biaya tabungan bulan 3?

Jawaban :
Rekap Saldo

    









 
Perhitungan bunga dengan menggunakan saldo harian  


Ø   Tanggal     5 Maret      













 
Ø  Tanggal 8 Maret          







Ø  Tanggal 17 Maret        











Ø   Tanggal 23 Maret      







Ø  Tanggal 31 Maret     













Saldo tabungan akhir bulan :         











Perhitungan Bunga dengan menggunakan Saldo Terendah
                 

Perhitungan Bunga    






 Saldo tabungan akhir Bulan         


















Perhitungan bunga dengan menggunakan saldo rata-rata


Perhitungan saldo rata adalah sebagai berikut :
                    Total Saldo = Rp. 10.000.000 + Rp. 15.000.000 + Rp. 13.000.000 + Rp.    10.000.000 + Rp. 18.000.000 = Rp. 66.000.000













Bunga saldo terendah :    








Saldo tabungan akhir bulan :    










Penutup

            Dalam menabung seseorang harus memperhartikan metode perhitungan bunga yang digunakan oleh suatu bank, hal ini terbukti dengan saldo yang tercatat dengan menggunakan ketiga metode tersebut ternyata menghasilkan nominal yang berbeda. Dilihat dari ketiga metode tersebut bunga yang paling besar adalah sebesar Rp. 113.424,8 yang dihitung dengan menggunakan saldo harian dimana bunga dari bunga tersebut adalah sebesar 10%.